Bussines

Ayam broiler atau yang biasa disebut dengan ayam pedaging menjadi salah satu jenis ayam yang diternakkan untuk diambil dagingnya. Banyak orang yang membuka peternakan ayam pedaging mengingat ayam yang satu ini memiliki pertumbuhan yang pesat. Ayam yang satu ini bahkan dapat dipanen pada usia 4 hari setelah masa tetas.

Daging ayam jenis ini dikenal sangat empuk dan mudah diolah. Akan tetapi, jika direbus terlalu lama maka daging ayam tersebut akan mudah hancur. Level budidaya ayam pedaging ini terdapat dua jenis, yaitu level yang pertama adalah budidaya indukan dan anak ayam. Level budidaya ayam yang kedua adalah pembesaran. Untuk level budidaya indukan dan anak ayam umumnya dilakukan di industri besar, sedangkan untuk level pembesaran biasanya dilakukan oleh peternak kecil sampai menengah.

Untuk level pertama dibutuhkan peralatan yang canggih serta keahlian khusus. Sejauh ini, baru beberapa perusahaan besar di Indonesia yang menjalankan budidaya level ini. Budidaya level pertama memiliki tujuan untuk menjaga serta memperbaiki kualitas strain. Produk yang dihasilkan berupa DOC yang siap untuk didistribusikan ke tangan peternak tingkat menengah ke bawah.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis strain yang dibudidayakan untuk ayam pedaging, yaitu Cobb, Ross, da Hybro. Strain Cobb dikembangkan dengan tujuan membentuk daging di bagian dada. Strain yang satu ini mudah beradaptasi di lingkungan yang panas seperti negara-negara dengan iklim tropis. Strain Ross sendiri dikembangkan agar sang ayam memiliki pertumbuhan yang cepat, daya tahan yang lebih baik, serta FCR yang efisien. Strain yang ini difokuskan pada kekuatan kaki sehingga dapat menopong tubuh yang besar.

Sedangkan untuk strain Hybro dikembangkan untuk meningkatkan daya hidup di daerah tropis dan terbebas dari penyakit ascites. Strain ini difokuskan pada pengembangan genetik pada karkas yang dihasilkan. Ketiga strain ayam broiler tersebut merupakan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Banyak peternak ayam di Indonesia yang mencoba untuk menggunakan ketiganya guna mendapatkan daging ayam yang berkualitas.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*